Tuesday, January 15, 2019

TRY OUT I Kelas Reguler



 


1.      Bacalah teks berikut!
Hal yang paling utama dan terpenting bagi seorang pelajar adalah motivasi. Motivasi ialah dorongan untuk dapat melakukan sebuah kegiatan belajar siswa dengan sepenuh hati. Bagi para pelajar motivasi dapat dikatakan sebagai kendaraan dari siswa adalah bensinnya. Tidak akan pernah ada artinya sebagius apapun kendaraannya tanpa adanya sebuah bensin. Dan begitu pula halnya dengan sebuah motivasi.
Ide pokok paragraf tersebut adalah....
A.     hal yang paling utama dan terpenting bagi seorang pelajar
B.     pentingnya motivasi bagi seorang pelajar agar dapat belajar secara maksimal
C.     perumpamaan motivasi bagi seorang pelajar
D.     pengertian motivasi hubungannya dengan pelajar

2.      Bacalah teks berikut!
(1) Motivasi adalah dorongan untuk melakukan suatu kegiatan dengan baik. (2)Dengan adanya sebuah motivasi belajar, diharapkan dapat menggerakkan keinginan siswa untuk belajar secara maksimal. (3)Apabila dikelompokkan, motivasi dapat dibagi menjadi, yakni motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. (4)Sebuah motivasi intrinsik ialah sebuah dorongan untuk dapat melakukan yang berasal dari dalam setiap diri orang.
                                                                                                            Sumber: http://lokalpos.com
Kalimat utama tersebut ditandai dengan nomor....


A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.     (4)



3.      Bacalah teks berikut!
 (1)Di antara bela diri di Indonesia adalah pencak silat.(2)Seseorang yang menekuni pencak silat, pembawaannya akan tenang karena silat tidak hanya melatih kekuatan, tetapi juga kelihaian.  (3) Pendapat ini ada  benarnya yaitu seseorang yang belajar silat sampai pada tingkat tinggi akan lebih tenang dalam menghadapi masalah kehupan.  (4) Namun, bukan hanya silat saja, bela diri yang lain pun mengajarkan hal semirip itu bahkan lebih dari itu.  

Kalimat yang menyatakan persetujuan ditunjukkan nomor ….


A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


4.      Bacalah teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Tanggal 22 Agustus 2014 Pak Sugeng Hariyanto memposting semacam survei kecil menarik di grup Himpunan Penerjemah Indonesia di Facebook. Survei dibuat dalam rangka pembuatan makalah sebagai keynote speaker dalam The 4th Atma Jaya International Conference in Translation & Interpretation Studies pada 13 September 2014. Acara berlangsung dari pukul 08.00 sampai 16.00. Acara dilanjutkan dengan sesi-sesi konferensi berupa mendengarkan paparan para narasumber.
http://dinabegum.com/category/laporan-pandangan
Lomba mulung sampah dilaksanakan di Kota Bogor dalam rangka Hari Jadi Kota Bogor (HJB). Tempat kegiatan  di sepanjang bantaran sungai Ciliwung. Peserta lomba memungut sampah yang ada di sepanjang DAS Ciliwung. Kegiatan tersebut, terdapat 45 titik atau lokasi lomba mulung sampah di sepanjang 25 Kilometer sungai Ciliwung, serta terdapat 25 titik kumpul sampah yang nantinya akan diangkut oleh truk milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).
http://nasional.tempo.co/read/news/

Perbedaan pola penyajian teks tersebut adalah ….

Teks 1
Teks 2
A
urutan peristiiwa
urutan sebab akibat
B
urutan kejadian
urutan waktu
C
urutan waktu
urutan tempat
D
Hubungan umumk khusus
hubungan sebab akibat

5.      Bacalah teks berikut!
Tahukah Anda jika kolang kaling membutuhkan waktu panjang untuk menjadi kolang kaling seperti yang dijual di pasar? Semua itu dimulai dari pemilihan buah yang berkualitas. Tahap kedua adalah perebusan. Perebusan tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan getah pada buah kolang kaling sehingga tidak akan gatal ketika dimakan. Kemudian kulitnya dikupas. Selanjutnya adalah proses penggepengan. Tahap terakhir adalah fermentasi. Fermentasi kolang kaling dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan merendamnya dalam larutan kapur sirih. Selain akan membuat daging menjadi lembut, air kapur sirih juga akan membuat kolang kaling benar-benar bebas dari zat korosif berbahaya. Itulah proses panjang pengolahan kolang kaling menjadi kolang kaling siap jual.
                                                                        Sumber:http://omsehat.com/manfaat-kolangkaling/
Kalimat utama teks tersebut terdapat pada....
A.     Kalimat pertama dan kedua
B.     Kalimat kedua dan kedelapan
C.     Kalimat pertama dan terakhir
D.     Kalimat kedua dan kesembilan





6.      Bacalah teks berikut!
(1) Program imunisasi untuk mencegah campak dan rubella (MR) yang digelar pada Agustus-September 2017 memicu perdebatan. (2)Polemik tentang perlunya vaksinasi juga banyak dibicarakan. (3)Dirjen Pencegahan Penyakit P2P Kemenkes, Muhammad Subhan, mengatakan imunisasi ini memiliki manfaat yang lebih besar karena dapat mencegah kematian akibat komplikasi penyakit campak. (4)Sementara ada keluarga yang percaya bahwa anak-anaknya memiliki kekebalan tubuh dari asupan makanan dan gizi yang baik sehingga tidak membutuhkan vaksinasi.
            Diolah dari sumber:http://www.bbc.com/indonesia
Kalimat yang menyatakan penolakan pada teks tersebut ditandai nomor....


A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.     (4)



7.      Bacalah teks berikut!
Umumnya, kulit pisang mengandung senyawa alami yang menyehatkan tubuh. Adapun kandungan di dalam kulit pisang yang dapat diketahui yaitu karbohidrat, vitamin B kompleks, vitamin B6, air, vitamin C, minyak nabati dan serat serotonim. Berbagai senyawa tersebut memiliki beragam khasiat untuk menyehatkan tubuh.
Kulit pisang mengandung zat serotonin yang cukup tinggi. Zat serotinin ini bermanfaat untuk meningkatkan mood seseorang. Jadi, tak salah jika untuk mengembalikan mood Anda dalam melakukan aktivitas melelahkan, mengonsumsi smoothies pisang bercampur dengan kulitnya menyegarkan dan bermanfaat bagi perasaan bahagia Anda.
            Sumber:http://manfaat.com.id/manfaat-kulit-pisang
Ringkasan teks tersebut adalah...
A.     Banyaknya kandungan kulit pisang bagi tubuh.
B.     Senyawa dalam kulit pisang dapat menyehatkan tubuh.
C.     Manfaat kulit pisang di antaranya untuk meningkatkan mood seseorang.
D.     Banyaknya kandungan kulit pisang bermanfaat bagi mood seseorang.

8.      Bacalah teks berikut!
Teks I
Teks II
        Produksi emas di Indonesia sejauh ini melebihi permintaan emas domestik. Oleh sebab itu, kebanyakan hasil produksi dikirimkan ke luar negeri. Meskipun begitu, Pemerintah Indonesia saat ini menstimulasi pendirian industri-industri pengolahan nasional dalam rangka meningkatkan keuntungan dalam mengekspor produk-produk bernilai tambah sambil menghindari eksploitasi kelebihan sumber daya alam negara saat ini.
                       Sumber:https://www.indonesiainvestments.com/id/bisnis
Emas merupakan logam yang paling lunak atau mudah dibentuk, dipandang sebagai logam berharga karena tekstur, kepadatan dan titik cairnya yang tinggi. Kemampuan emas yang luar biasa sebagai penghantar panas dan listrik  adalah alasan mengapa emas digunakan dalam peralatan-peralatan industri, keramik, dan alat-alat elektronik.
                   Sumber: https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah....

Teks I
Teks II
A.
Menggunakan kata sambung “sebab-akibat”
Menggunakan beberapa kata sambung “pemilihan”
B.
Menggunakan kata sambung “sebab-akibat”
Menggunakan beberapa kata sambung “penambahan”
C.
Menggunakan banyak kata sambung “pengandaian”
Menggunakan kata sambung “sebab-akibat”
D.
Menggunakan banyak kata sambung “penambahan”
Menggunakan kata sambung “sebab-akibat”

9.      Bacalah teks berikut!
Teks I
Teks II
Kota Bandung adalah kota yang kaya akan tempat wisata. Di kota ini terdapat berbagai objek wisata, baik tempat wisata ilmu pengetahuan, wisata rekreasi, maupun wisata belanja. Kami mengunjungi salah satu tempat yang memiliki banyak sejarah yaitu Dago Pakar. Kami melakukan perjalanan wisata ini dalam rangka mengerjakan tugas Bahasa Indonesia.
Kereta kami dijadwalkan berangkat pukul 19.59. Oleh karena itu, semua peserta study tour sudah berada di Stasiun Tawang selepas salat Maghrib. Total peserta yang ikut kegiatan ini adalah 105 orang termasuk guru-guru dan staf TU. Jadi, satu gerbong kereta dipesan untuk sekolah kami saja, satu gerbong mempunyai total 106 kursi.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah....

Teks I
Teks II
A.
penjelasan
Penggambaran
B.
sebab-akibat
akibat-sebab
C.
penggambaran
Penjelasan
D.
khusus-umum
umum-khusus

10.  Bacalah teks berikut!
Teks I
Teks II
Nanat  adalah sosok perempua yang sangat bersemangat dalam hal pelajaran bahasa Indonesia, dia juga sangat suka bercanda dan ceria ketika sahabatnya sedih. Namun, sifat manjanya itu menjadi kelemahan yang belum bisa dia kuasai. Lolak perempuan dengan sifatnya yang cerewet, dia suka berdiam diri dan sangat suka mendengar musik dengan handphone yang selalu ia bawa, walau begitu dia sangat pintar dalam pelajaran matematika, dan ingin menjadi ahli matematika, juga handal dalam bernyanyi.
Mereka selalu berkumpul dan bermain bersama di dalam rumah tersebut, bercanda, riang dan gembira. Menikmati keindahan bunga-bunga yang berbaris dengan sangat rapinya dari atas pohon. Sinar matahari mulai merambat di jendela rumah pohon yang mereka tempati dan mewarnai dinding-dinding kayu dengan warna emasnya yang berkilau. Rumah yang dibangun di atas pohon yang tetap berdiri dengan kokohnya itu, mereka menamakan dengan sebutan, “Rumah pohon persahabatan.”


Pebedaan pola pengembangan kedua kutipan teks tersebut adalah....

Kutipan I
Kutipan II
A.
Menggambarkan tokoh
Menggambarkan suasana
B.
Memperkenalkan tokoh
Menggambarkan tempat
C.
Menggambarkan watak tokoh
Memperkenalkan tempat
D.
Memperkenalkan perbedaan
Menggambarkan suasana

11.  Bacalah teks berikut!
Biasanya saya memulai perjalanan dengan jalan tikus. Saya tidak melewati jalan yang sebenarnya. Walau melewati jalan tikus sungguh melelahkan, tetapi itu yang biasa saya lakukan.
Makna kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah ...
A.     jalan yang kecil-kecil, jalan setapak
B.     jalan raya atau jalan besar
C.     jalan persembunyian tikus
D.     tempat tikus berjalan

12.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini. Jasad ibuku masih belum kututup. Membujur di depan kamarku dengan kelu. Ia baru saja pergi, setelah berbulan melawan sakit dan derita.
Kutatap terus wajahnya yang pucat tapi pasrah itu. Matanya tidak terlalu rapat mengatup. Seakan-akan masih ada sisa kenangan di sana. Seakan-akan masih ada sesuatu yang dilihatnya. Tapi tidak. Kupikir cukuplah ia hidup dengan penderitaan-penderitaan yang menyekap di hampir seluruh umurnya.
Maksud kalimat "Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini" pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.     penderitaan telah mencapai puncak klimaksnya
B.     penderitaan di dunia telah berakhir.
C.     penderitaanya akan berubah menjadi kebahagiaan.
D.     penderitaan di dunia akan dibalas nanti di akhirat.

13.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
....
“Ah, masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy, temanku!” Gumam Andi seraya bangkit dari tempat pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidur dan digantikan dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencoret-coret. Kini ada senyum menghiasi bibirnya. “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
....
Sudut pandang dalam penggalan cerpen tersebut adalah...


A.     Orang pertama pelaku  utama
B.     Orang kedua pelaku utama
C.     Orang ketiga serba tahu
D.     Orang ketiga pelaku utama



14.  Bacalah teks berikut!
Api Abadi Mrapen dimanfaatkan sebagai sumber obor berbagai kegiatan. Pekan Olahraga
Nasional juga sering memanfaatkan Api Mrapen sebagai obor yang dibawa secara est
afet
oleh para atlet dari kota satu ke kota lain. Dengan obor ini para atlet bersemangat untukmengikuti berbagai kegiatan olahraga.
Makna simbol obor pada teks tersebut adalah ...


A.     Gembira
B.     Persatuan
C.     Semangat
D.     Rajin



15.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
Ayah mengamati saya dari atas ke bawah. Ia bangun dan menjangkau tangan kananku. Katanya:
“Untuk apa bunga ini, heh.”
Aku tidaktahu alasannya yakni apa, telah mengasihi bunga ditangan ku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau lqki-laki.”
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
Dikutip dari: Kuntowijoyo, “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga”, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1996.

Isi tersirat kutipan cerpen tersebut yakni . . .
A.     Ayah tidak ingin Buyung mempunyai sifat lembut menyerupai perempuan.
B.     Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga menyerupai dia.
C.     Ayah tidak ingin bila bunga itu dipetik.
D.     Ayah ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.





16.  Bacalah kutipan fabel berikut!
Di sebuah kolam yang besar hiduplah seekor kadal. Suatu hari kadal itu berjalan-jalan di pinggir kolam. Kadal sangat ingin mencoba keiatan baru yaitu berpetualang. Tiba-tiba dalam kolam muncul sebuah kepala yang melenggak-lenggok seperti sedang mencari sesuatu. Kadal mendekati mahluk itu dan dia sedikit kaget ternyata ada seekor ular air. Ular air mengajak sang Kadal untuk berpetualang menyeberangi kolam, tetapi sang Kadal merasa takut. Namun ular air setengah memaksa kadal untuk ikut bersamanya. “Sebaiknya kamu berhati-hati,” tiba-tiba seekor katak berbisik kepada sang kadal.

Penyebab konflik pada teks tersebut adalah ....
A.     Katak berbisik kepada sang kadal supaya berhati-hati.
B.     Kadal merasa ketakutan karena dipaksa oleh ular air.
C.     Kadal kaget ternyata ada seekor ular di dalam kolam.
D.     Katak menganjurkan kadal untuk pergi berpetualang.

17.  Bacalah kedua kutipan fabel berikut!

Kutipan 1
Kutipan 2
Rasanya sudah lama benar aku tertidur. Punggungku pegal-pegal karena lama terbaring. Aku terbangun mendengar kicau burung di pohon. Rasanya baru kali itulah aku sadar bahwa suara burung amat merdu. Akan tetapi, tak lama-lama aku berbaring mendengarkan bunyi yang mengagumkan hatiku itu. Dengan cepat aku berdiri dan meninggalkan rumah yang sekian lama menjadi tempat aku disekap
“Krriing...!” Telepon di rumah Aris berdering. Ibu mengangkatnya dan berkata, “Halooo...oh, mau berbicara dengan Aris? Sebentar ya. Dari mana?” Kemudian ibu masuk ke kamar Aris. Aris sedang belajar di meja belajar. “Telepon dari Rudi, Ris” kata ibu. Aris menoleh wajahnya dengan kurang senang.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fable tersebut tersebut adalah…

Kutipan 1
Kutipan 2
A
dimulai dengan lokasi
mengawali dengan problema tokoh
B
dimulai dengan dengan aksi
menyajikan lokasi cerita
C
dimulai dengan  garis besar maslah
mengawali dengan garis besar masalah
D
menyajikan permasalahan
menggambarkan aksi

18.  Bacalah kutipan teks berikut!
Kutipan 1
Kutipan 2
Aku punya seorang abang: Paiman. Dia lahir pada hari pasaran paing, maka dinamai dia dengan suku depan Pai. Aku tiga tahun lebih muda dinamai: Sanikem. Ayahku bernama Sastro Tomo setelah kawin.
Dua tahun sudah terlampau setelah kejadian hal ihwal yang diceritakan di atas. Bagi keluarga Hanafi sudah dipandang keluar dari kaum. Ia sudah menjadi 'Olando'

Perbedaaan penggubaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah….

Kutipan 1
Kutipan 2
A
memakai bahasa Melayu
menggunakan bahasa pergaulan
B
menggunakan bahasa sehari-hari
menggunakan bahasa resmi
C
menggunakan bahasa bebas
menggunakan bahasa bebas
D
menggunakan bahasa melayu
menggunakan bahasa daerah

19.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
Lampu-lampu mulai dinyalakan. Mereka larut dalam tawa dan obrolan yang tak jelas arahnya. Aku memandangnya dari balik meja yang penuh makanan dan minuman. Aku mencoba ingin ditatap mereka dengan menumpahkan segelas minuman, tapi tak ada yang mengalihkan perhatian padaku, semua sibuk dengan kegembiraan ini. Keputusan untuk ke luar dan mengamati keceriaan anak-anak berkejaran di halaman ternyata keputusan yang tepat.
Latar waktu dan tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A.     malam hari, di halaman rumah
B.     malam hari di ruang pesta
C.     sore hari di dalam rumah
D.     sore hari di ruang makan

20.  Bacalah kutipan teks cerita berikut!
Keinginan melengkapi diri dengan gelar bergengsi segera terwujud. Saya termasuk diantara 200 ribu lebih orang Indonesia yang akan menunaikan ibadah haji. Beberapa bulan lagi menyandang gelar haji, melengkapi gelar kesarjanaan. “Inilah saya. Apa sih yang tak dapat diraih. Apa yang tak dapat dilakukan?,” saya berguman, puas.
 Tetangga, teman, kerabat, akan menyapa saya Pak Haji, Bang Haji, Mas Haji, Dek Haji, atau Nak Haji. Ibu-ibu makin penasaran, berebut mengambil hati, agar bersedia menjadi menantu mereka
Komentar tentang isi teks tersebut adalah…
A.     Niat beribadah harus ihlas tidak karena niat lain.
B.     Menantu seorang haji menjadi impian setiap ibu.
C.     Menunggu giliran berangkat ibadah haji membutuhkan kesabaran
D.     Menunaikan ibadah haji merupakan tingkatan tertinggi seorang hamba.

21.  Bacalah teks berikut!
Keluarga adalah elemen penting untuk menciptakan masyarakat kuat dan sehat. Pemerintah dan pihak swasta [...] program jangka panjang yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas keluarga. Untuk meningkatkan kualitas keluarga, ada tiga pilar yang harus diperhatikan, yaitu peningkatan kemampuan anak, pemberdayaan ibu dan waktu kebersamaan keluarga..
Kata yang tepat untuk melengkapi teks yang rumpang tersebut adalah ….
A.     mendukung
B.     memberikan
C.     menghapus
D.     menyingkirkan

22.  Cermatilah petunjuk menghilangkan memar pada organ tubuh berikut!
Petunjuk Menghilangkan Memar pada Organ Tubuh
1)      Tuang ke penumbukan.
2)      Tumbuk hingga halus.
3)      Ambil daun binahong kira-kira 7 lembar.
4)      Balurkan pada bagian organ tubuh yang memar.
5)      Setelah 3 jam bukalah dan bersihkan dengan sir suam-suam kuku. Maka bagian yang memar telah hilang.
Susunan petunjuk menghilangkan memar pada organ tubuh yang tepat adalah ….
A. (3) – (1) – (2) – (4) – (5)
B. (3) – (2) – (1) – (4) – (5)
C. (3) – (2) – (1) – (5) – (4)
D. (3) – (2) – (5) – (1) – (4)

23.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Petunjuk Membuat Telur Asin
1)      Letakkan telur pada stoples dan susun dengan rapi.
2)      Bersihkan dengan menggunakan sabun dan spon.
3)      Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api sedang selama satu jam.
4)      Tutuplah stoples dengan rapat dan biarkan selama dua belas hari.
5)      Campurkan garam dan air di tempat lain, lalu tuangkan ke dalam stoples berisi telur tadi.
6)      Telur direndam di dalam air bersih kurang lebih dua menit.
7)      Keringkan telur, lalu gosok dengan amplas halus.
Urutan petunjuk yang tepat adalah ….
A.     6)-1)-3)-2)-5)-4)-7)
B.     6)-1)-7)-5)-2)-4)-3)
C.     6)-2)-5)-3)-1)-4)-7)
D.     6)-2)-7)-1)-5)-4)-3)

24.  Cermati teks petunjuk berikut!

Petunjuk Pembelian Tiket Pesawat Secara Daring
1)      unduh dan pasang aplikasi pembelian tiket transportasi daring.
2)      Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain.
3)      [...]
4)      Setelah berhasil mendapatkan kode booking dan kode bayar via aplikasi, bayarlah di bank atau transfer lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terdekat.
5)      […]
            6)      Anda telah berhasil mendapatkan tiket pesawat secara daring.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
            A.     (3) Hubungi pusat layanan bandara.
             (5)Tukarkan tiket virtual ke loket penukaran di bandara.
            B.     (3) Catatlah nomor KTP/identitas lain yang Anda miliki.
             (5)Pulanglah ke rumah sambil menunggu keberangkatan.
            C.     (3) Bawalah KTP ke bandara terdekat.
             (5)Tukarkan alat bukti bayar dari ATM ke loket penukaran di bandara.
            D.     (3) buka aplikasi pada smartphone dan lakukan transaksinya.
             (5) Tukarkan tiket virtual ke loket penukaran di bandara.

25.  Perhatikan kalimat berikut!
Pertumbuhan industri ritel pada tahun ini dapat [...] dengan terjaganya harga energi baik listrik maupun bahan bakar minyak, penurunan suku bunga Bank Indonesia, dan terjaganya iklim investasi.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat  tersebut adalah....
A.     dorong
B.     mendorong
C.     didorong
D.     dorongan

26.  Perhatikan laporan di bawah ini!
Mengamati Pohon Jeruk Nipis
1)      Tinggi pohon 3, 5 meter
2)      Batangnya bulat berduri
3)      Bentuk daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit
4)      Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2 – 5 cm
5)      Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm dan lebar 2 – 5 cm
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang tepat adalah …
A.     Buah jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu, sekaligus juga untuk mengatasi beberapa masalah seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah diatur. Caranya cukup sederhana, yaitu membasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis.
B.     Buah jeruk nipis itu rendah kalori. Ia menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan ukuran badan. Sebagai gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasaan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk nipis.
C.     Pohon jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk obat-obatan, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya pilih jeruk nipis yang masih segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk nipis.
Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri berwarna putih kehijauan. Daun majemuk, berbentuk elips atau bulat telur, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang daun 2,5–9 cm, lebar 2–5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5–5 mm, bersayap, berwarna hijau.
D.     Buah jeruk nipis itu menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan ukuran badan. Sebagai gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasaan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk nipis.

27.  Cermati ilustrasi berikut!
Langkah-langkah membuat nasi goreng
1)      Panaskan mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hingga harum!
2)      Setelah harus, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata!
3)      Tambahkan saus tomat dan kecap manis, aduk lagi hingga benar-benar merata!
4)      Setelah matang, angkat dan sajikan selagi hangat!
Perubahan teks tersebut menjadi kutipan teks cerpen yang tepat adalah …
A.     Liburan di Rumah Nenek
Rina sedang berlibur ke rumah nenek di kampung. Minggu pagi, ia menuju dapur menemui nenek. Ia ingin sekali belajar membuat nasi goreng seperti masakan nenek. “Nek, ajarin Rina buat nasi goreng, ya,” pinta Rina. “Ya,” jawab Nenek. Pertama panaskan mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hingga harum. Setelah harum, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata. Jangan lupa tambahkan saus tomat dan kecap manis, aduk lagi hingga benar-benar merata. Nah…setelah matang, angkat dan sajikan di piring. Nasi goreng istimewa siap dinikmati,” kata Nenek.
B.     Sarapan Istimewa
Minggu pagi, semua anggota keluarga berkumpul di rumah. Ibu mengajakku menyiapkan sarapan. Kami pun berdua menuju ke dapur.
“Ibu, cara membuat nasi goreng gimana?” tanya Fatimah dengan manja. “Bener kamu mau belajar membuat nasi goreng,?” Ibu tidak yakin. “Benar, Bu.” “Baiklah, pertama siapkan nasi secukupnya. Tambahkan telur, bawang putih dan cabe. Jika ingin pedas, tambahkan cabenya. Tumis semua bumbu hingga harum, masukkan nasi dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Tambahkan kecap manis jika suka. Itulah cara membuat nasi goreng,” Ibu mengakhiri penjelasannya.
C.     Bang Midun
Malam Minggu, Faras pergi membeli nasi goreng kesukaannya, yakni nasi goreng sosis. Faras selalu membeli di Bang Midun penjual nasi goreng kaki lima langganannya. Bang Midun pun mulai membuat nasi goreng sosis. Pertama, ia menggoreng sosis yang sudah dipotong-potong tipis. Setelah itu, menumis bumbu halus yang telah disiapkannya. Setelah bumbu tercium aromanya, ia tambahkan nasi sepiring. Kemudian, ia mengaduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Tambahkan bumbu penyedap secukupnya. Kemudian ia mengaduk-aduk kembali hingga rata. Terakhir ia tambahkan sosis goreng dan diaduk kembali. Nasi goreng sosis telah selesai dan siap disantap.
D.     Liburan di Rumah
Minggu pagi, Yona akan memasak nasi goreng untuk keluaarga. Ia pun menyiapkan bahan-bahannya. Setelah siap, ia mulai memasak.
Pertama, ia memanaskan mentega, lalu memasukkan bumbu halus dan cabai merah, ditumis hingga harum. Setelah harum, masukkan nasi kemudian aduk hingga rata. Tambahkan bumbu penyedap dan teri medan yang sudah digoreng kering. Setelah matang, angkat dan sajikan di piring. Nasi goreng teri medan siap disantap


28.  Perhatikan identitas buku berikut!
Judul Buku        :    Mawar Cintaku
Penulis               :    Adiffa
Penerbit             :    PT Angkasa
Tahun                :    2009
Keunggulan      :    1. Isi buku menarik
                               2. Bahasa komunikatif
Kelemahan        :    Ilustrasi gambar kurang
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah ...
A.     Buku berjudul Mawar Cintaku karya Adiffa yang diterbitkan PT Angkasa pada tahun 2009 ini isinya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kertas yang digunakan terlalu tipis.
B.     Buku berjudul Mawar Cintaku karya Adiffa yang diterbitkan PT Angkasa pada tahun 2009  ini isinya sangat menarik dan bahasanya komunikatif. Selain itu, dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
C.     Buku berjudul Mawar Cintaku karya Adiffa yang diterbitkan PT Angkasa pada tahun 2009 ini Covernya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
D.     Buku berjudul Mawar Cintaku karya Adiffa yang diterbitkan PT Angkasa pada tahun 2009 ini isinya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.

29.  Perhatikan kutipan fabel berikut!
“Ini adalah pelajaran untukmu karena sering tidak mensyukuri rezeki yang kau dapat,” ujar Ompung kepada Beo.
Variasi kalimat berikut yang sesuai dengan kalimat di atas adalah....
A.     “Kamu harus dapat mengambil setiap pelajaran berharga dalam hidup ini,” nasihat Ompung kepada Beo.
B.     “Jika tidak mensyukuri rezeki yang didapat, kamu tidak akan memeroleh pelajaran dalam hidup,” ujar Ompung kepada Beo.
C.     Ompung menasihati Beo, “Jadikanlah peristiwa ini pelajaran berharga agar kamu dapat mensyukuri rezeki yang kamu dapat.
D.     Ompung memberi pelajaran kepada beo, “Berapa pun rezeki yang kamu dapat harus dapat dijadikan pelajaran.”

30.  Cermati kalimat berikut!
(1)Dokter (2)menasehati (3)pasien agar membeli obat di (4)apotik yang resmi.
Kata tidak baku pada kalimat tersebut adalah ….
A.     (1) dan (2)
B.     (2) dan (3)
C.     (1) dan (3)
D.     (2) dan (4)



31.    Cermati kalimat-kalimat berikut!
a.    Kegiatan peduli kebersihan lingkungan harus ditanamkan sejak dini.
b.    Orang tua harus memberikan motivasi kepada anak agar selalu belajar. 
c.    Tanggung jawab dan disiplin adalah merupakan karakter yang patut diteladani.
d.    Proses belajar tidak hanya di dalam kelas, tetapi dapat juga dilaksanakan di luar kelas.
Kalimat yang tidak efektif ditandai nomor ….


A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)



32.    Cermati kalimat berikut!
Turunnya nilai tukar rupiah yang berkepanjangan akan […] kenaikan laju inflasi.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….


A.     sebabnya
B.     disebabkan
C.     penyebabnya
D.     menyebabkan



33.    Cermati kalimat berikut!
Sebenarnya Sharim sedang kurang sehat, […] demi Dani adiknya, dia datang juga.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….


A.     namun
B.     tetapi
C.     melainkan
D.     tapi



34.    Cermati kalimat berikut!
Pada usia enam bulan, anak butuh masukan yang lebih dari air susu ibu (ASI).
Perbaikan kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….


A.     usia diganti umur
B.     anak diganti bayi
C.     butuh diganti perlu
D.     masukan diganti asupan





35.    Cermati kalimat berikut!
Kekebalan dan keamanan sistem laptop merupakan impian bagi salah satu pemilik laptop.
Perbaikan kalimat tersebut supaya efektif adalah …
A.     Pemilik laptop bermimpi akan satu sistem kekebalan dan keamanan yang merupakan pemiliknya.
B.     Sistem kekebalan dan keamanan laptop merupakan salah satu impian bagi pemilik laptop.
C.     Sistem kekebalan laptop salah satu impian dan keamanan merupakan bagi pemiliknya.
D.     Bagi pemiliknya sistem kekebalan dan keamanan merupakan impian bagi pemiliknya.

36.    Cermati teks berikut!
(1)Liburan adalah salah satu cara paling jitu untuk melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan. (2)Tidak perlu melancong ke luar negeri atau menghabiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal, sebab Indonesia memiliki banyak sekali tempat menarik yang menunggu untuk dijelajahi. (3)Danau Toba sendiri merupakan sebuah danau raksasa yang terbentuk akibat dari aktivitas gunung berapi. (4)Mulai dari wisata laut, pantai, gunung, danau, hutan sampai wisata budaya maupun kuliner, semua bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia.
Perbaikan paragraf tersebut agar menjadi padu dengan menghilangkan kalimat ….


A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.     (4)



37.    Cermati kalimat berikut!
Setelah lama tidak bertemu, Ita dan Indastri saling berpelukan.
Penggunaan kata saling pada kalimat tersebut tidak tepat karena ….
A.     berpelukan sudah menyatakan saling
B.     berpelukan terletak setelah kata saling
C.     kata saling didahului dengan nama orang
D.     kata saling maknanya sama dengan yang lain

38.    Cermati kalimat berikut!
Dalam rapat itu membicarakan berbagai masalah yang dihadapi
Alasan kalimat tesebut tidak efektif karena ….
A.     tidak jelas subjeknya
B.     tidak jelas predikatnya
C.     tidak jelas objeknya
D.     tidak jelas tujuannya

39.    Cermati teks berikut!
(1)Tidak kurang dari 37 jenis kuliner Indonesia disajikan pada acara Mercado Culinario Indonesia 2018. (2)Kegiatan tersebut diselenggarakan di halaman KBRI Lisbon, Sabtu (14/7/2018) waktu setempat. (3)Makanan yang kita konsumsi harus dijaga kebersihannya. (4)Beragam makanan disajikan untuk penarik perhatian masyarakat setempat.
Sumber:https://internasional.kompas.com/read/saat-rendang-pempek-dan-cendol-disajikan-
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah ….
A.     kalimat (1) tidak mendukung persoalan utama teks
B.     kalimat (2) tidak mendukung persoalan utama teks
C.     kalimat (3) tidak mendukung persoalan utama teks
D.     kalimat (4) tidak mendukung persoalan utama teks

40.  Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) “Selamat siang, Bu. Semoga Ibu sehat.”
(2) Setiap Jumat pagi ada kegiatan olahraga.
(3) “Jangan diulangi lagi, ya!” tegur Bu Ana.
(4) Semua siswa mengikuti Upacara Bendera.

Kesalahan penggunaan ejaan yang  pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor . . .
A.     (1)                                         C.  (3)
B.     (2)                                         D.  (4)

41.   Cermatilah kalimat berikut!
“Tono, cepat serahkan bukumu?” teriak Didin.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah…
A.     tanda tanya (?)
B.     tanda petik (“…”)
C.     tanda koma (,)
D.     tanda titik (.)

42.  Cermatilah kalimat berikut!
(1)   “Ia tinggal di jalan Merdeka Utara,” jawab Andri.
(2)   Kakek selalu berolah raga setiap pagi
(3)   “Siapa yang ingin ikut ke Makam?”
(4)   Ibunya bekerja di Apotek Jaya Sentosa.

43.  Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai pada nomor…
A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.     (4)



44.  Cermatilah kalimat berikut!
Kita harus bersyukur Min rumah kita bertingkat jadi tidak perlu mengungsi kata Mama.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tesebut adalah…
A.     “Kita harus bersyukur, Min, rumah kita bertingkat, jadi tidak perlu mengungsi,” kata Mama.
B.     “Kita harus bersyukur, Min, rumah kita bertingkat jadi tidak perlu mengungsi!” kata Mama.
C.     “Kita harus bersyukur Min, rumah kita bertingkat, jadi tidak perlu mengungsi, kata Mama”
D.     “Kita harus bersyukur Min, rumah kita bertingkat, jadi tidak perlu mengungsi!” kata Mama.

45.  Cermatilah kalimat berikut!
Menteri kelautan dan perikanan memimpin peneggelaman 30 kapal asing pencuri ikan di selat lampa, kabupaten natuna, kepulauan riau, minggu(29/10/2017).

Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah…
A.     Menteri Kelautan dan Perikanan memimpin penenggelaman tiga puluh  kapal asing pencuri ikan di selat lampa, kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu(29/10/2017).
B.     Menteri Kelautan dan Perikanan memimpin penenggelaman 30 kapal asing pencuri ikan di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu(29/10/2017).
C.     Menteri Kelautan dan Perikanan memimpin penenggelaman tiga puluh  kapal asing pencuri ikan di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu(29/10/2017).
D.     Menteri kelautan dan perikanan memimpin penenggelaman tiga puluh  kapal asing pencuri ikan di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu(29/10/2017).

46.  Cermatilah kalimat berikut!
“Ayo, jangan ragu-ragu, segera berangkat,” kata Ibu mengingatkanku!”
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah…
A.     “Ayo, jangan ragu-ragu, segera berangkat, kata Ibu mengingatkanku?”
B.     “Ayo, jangan ragu-ragu segera berangkat?” kata Ibu mengigatkanku.
C.     “Ayo, jangan ragu-ragu segera berangkat,” kata Ibu mengigatkanku!”
D.     “Ayo, jangan ragu-ragu, segera berangkat!” kata Ibu mengigatkanku.




47.  Cermatilah kalimat berikut!
Rizky Prabowo (25), warga Solo, Jawa Tengah, tengah berada di gunung Rinjani saat terjadi gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dua minggu yang lalu.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah…
A.     kata warga seharusnya ditulis Warga.
B.     kata gempa seharusnya ditulis Gempa.
C.     kata gunung seharusnya ditulis Gunung.
D.     kata minggu seharusnya ditulis Minggu.

48.  Cermatilah kalimat berikut!
“Saya lihat dulu ya, tunggu sebentar?” ujar Ratna.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah…
A.     tanda tanya (?) tidak tepat karaena bukan kalimat tanya
B.     tanda koma (,) setelah kaya ya tidak diperlukan
C.     tanda tanya (?) seharusnya di ganti tanda koma (,)
D.     tanda tanya (?) tidak tepat di gunakan seharusnya tanda titik (.)

49.  Cermati kalimat berikut!
Perpustakaan (1)swadaya yang mereka (2)bangun ternyata mendapat (3)afresiasisampai (4)lepel nasional.
Kata yang tidak sesuai kaidah pada kalimat tersebut ditunjukkan nomor ….
A.     (1) dan (2)
B.     (2) dan (3)
C.     (2) dan (4)
D.     (3) dan (4)

50.  Cermati teks berikut!
Kejuaraan Dunia Atletik U-20 (1)mengukuhkan nama (2)sprinter asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, sebagai pemenang lari 100 meter putra. Prestasi gemilang Zohri berbuah manis dengan membawa medali emas pertama bagi Indonesia sepanjang keikutsertaan dalam (3)ajang ini. Situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) pada Rabu (11/7/2018) mencatatkan, dalam 32 tahun sejarah kejuaraan tersebut, penampilan terbaik (4)atlit Indonesia adalah finis posisi (5)ke 8 pada 1986. Namun, semua itu berubah ketika Zohri berhasil mencapai garis akhir dalam waktu 10,18 detik.
Sumber:https://internasional.kompas.com/read/2018/07/12/09211941/zohri-pelari-indonesia-cetak-sejarah-juara-dunia-100-meter-atletik

Kata yang tidak tepat penulisannya pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.     (1) dan (2)
B.     (2) dan (3)
C.     (3) dan (4)
D.     (4) dan (5)



2 comments:

Pentingnya Kecakapan Literasi Baca Tulis Abad 21

Oleh: Muh.Nurholis, S.Pd. Guru SMP Islam Athirah Bone Secara terminologi, literasi adalah suatu kemampuan seseorang untuk meng...