Hal
yang paling utama dan terpenting bagi seorang pelajar adalah motivasi. Motivasi
ialah dorongan untuk dapat melakukan sebuah kegiatan belajar siswa dengan
sepenuh hati. Bagi para pelajar motivasi dapat dikatakan sebagai kendaraan dari
siswa adalah bensinnya. Tidak akan pernah ada artinya sebagius apapun
kendaraannya tanpa adanya sebuah bensin. Dan begitu pula halnya dengan sebuah
motivasi.
Ide pokok paragraf
tersebut adalah....
A.
hal
yang paling utama dan terpenting bagi seorang pelajar
B.
pentingnya
motivasi bagi seorang pelajar agar dapat belajar secara maksimal
C.
perumpamaan
motivasi bagi seorang pelajar
D.
pengertian
motivasi hubungannya dengan pelajar
2.
Bacalah
teks berikut!
(1) Motivasi adalah
dorongan untuk melakukan suatu kegiatan dengan baik. (2)Dengan adanya sebuah
motivasi belajar, diharapkan dapat menggerakkan keinginan siswa untuk belajar
secara maksimal. (3)Apabila dikelompokkan, motivasi dapat dibagi menjadi, yakni
motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. (4)Sebuah motivasi intrinsik ialah
sebuah dorongan untuk dapat melakukan yang berasal dari dalam setiap diri
orang.
Kalimat utama tersebut
ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
3.
Bacalah teks berikut!
(1)Di antara
bela diri di Indonesia adalah pencak silat.(2)Seseorang yang menekuni pencak
silat, pembawaannya akan tenang karena silat tidak hanya melatih kekuatan,
tetapi juga kelihaian. (3) Pendapat ini
ada benarnya yaitu seseorang yang
belajar silat sampai pada tingkat tinggi akan lebih tenang dalam menghadapi
masalah kehupan. (4) Namun, bukan hanya
silat saja, bela diri yang lain pun mengajarkan hal semirip itu bahkan lebih
dari itu.
Kalimat yang menyatakan persetujuan ditunjukkan nomor
….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
4.
Bacalah teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Tanggal 22 Agustus 2014 Pak Sugeng Hariyanto
memposting semacam survei kecil menarik di grup Himpunan Penerjemah Indonesia
di Facebook. Survei dibuat dalam rangka pembuatan makalah sebagai keynote
speaker dalam The 4th Atma Jaya
International Conference in Translation & Interpretation Studies pada
13 September 2014. Acara berlangsung dari pukul 08.00 sampai 16.00. Acara
dilanjutkan dengan sesi-sesi konferensi berupa mendengarkan paparan para
narasumber.
http://dinabegum.com/category/laporan-pandangan
|
Lomba mulung sampah dilaksanakan di Kota Bogor dalam rangka Hari Jadi
Kota Bogor (HJB). Tempat kegiatan di
sepanjang bantaran sungai Ciliwung. Peserta lomba memungut sampah yang ada di
sepanjang DAS Ciliwung. Kegiatan tersebut, terdapat 45 titik atau lokasi
lomba mulung sampah di sepanjang 25 Kilometer sungai Ciliwung, serta terdapat
25 titik kumpul sampah yang nantinya akan diangkut oleh truk milik Dinas
Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).
http://nasional.tempo.co/read/news/
|
Perbedaan
pola penyajian teks tersebut adalah ….
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
urutan peristiiwa
|
urutan sebab akibat
|
B
|
urutan kejadian
|
urutan waktu
|
C
|
urutan waktu
|
urutan tempat
|
D
|
Hubungan umumk khusus
|
hubungan sebab akibat
|
5.
Bacalah
teks berikut!
Tahukah Anda jika kolang
kaling membutuhkan waktu panjang untuk menjadi kolang kaling seperti yang
dijual di pasar? Semua itu dimulai dari pemilihan buah yang berkualitas. Tahap
kedua adalah perebusan. Perebusan tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan
getah pada buah kolang kaling sehingga tidak akan gatal ketika dimakan.
Kemudian kulitnya dikupas. Selanjutnya adalah proses penggepengan. Tahap
terakhir adalah fermentasi. Fermentasi kolang kaling dilakukan dengan cara yang
sederhana yaitu dengan merendamnya dalam larutan kapur sirih. Selain akan
membuat daging menjadi lembut, air kapur sirih juga akan membuat kolang kaling
benar-benar bebas dari zat korosif berbahaya. Itulah proses panjang pengolahan
kolang kaling menjadi kolang kaling siap jual.
Kalimat utama teks tersebut
terdapat pada....
A. Kalimat pertama dan kedua
B. Kalimat kedua dan
kedelapan
C. Kalimat pertama dan
terakhir
D. Kalimat kedua dan
kesembilan
6.
Bacalah
teks berikut!
(1) Program imunisasi
untuk mencegah campak dan rubella (MR) yang digelar pada Agustus-September 2017
memicu perdebatan. (2)Polemik tentang perlunya vaksinasi juga banyak
dibicarakan. (3)Dirjen Pencegahan Penyakit P2P Kemenkes, Muhammad Subhan,
mengatakan imunisasi ini memiliki manfaat yang lebih besar karena dapat
mencegah kematian akibat komplikasi penyakit campak. (4)Sementara ada keluarga
yang percaya bahwa anak-anaknya memiliki kekebalan tubuh dari asupan makanan
dan gizi yang baik sehingga tidak membutuhkan vaksinasi.
Kalimat yang menyatakan penolakan
pada teks tersebut ditandai nomor....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D. (4)
7.
Bacalah
teks berikut!
Umumnya, kulit pisang
mengandung senyawa alami yang menyehatkan tubuh. Adapun kandungan di dalam
kulit pisang yang dapat diketahui yaitu karbohidrat, vitamin B kompleks,
vitamin B6, air, vitamin C, minyak nabati dan serat serotonim. Berbagai senyawa
tersebut memiliki beragam khasiat untuk menyehatkan tubuh.
Kulit pisang mengandung
zat serotonin yang cukup tinggi. Zat serotinin ini bermanfaat untuk
meningkatkan mood seseorang. Jadi,
tak salah jika untuk mengembalikan mood
Anda dalam melakukan aktivitas melelahkan, mengonsumsi smoothies pisang bercampur dengan kulitnya menyegarkan dan
bermanfaat bagi perasaan bahagia Anda.
Ringkasan teks tersebut
adalah...
A. Banyaknya kandungan kulit
pisang bagi tubuh.
B. Senyawa dalam kulit
pisang dapat menyehatkan tubuh.
C. Manfaat kulit pisang di
antaranya untuk meningkatkan mood seseorang.
D. Banyaknya kandungan kulit
pisang bermanfaat bagi mood seseorang.
8.
Bacalah
teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Produksi emas di Indonesia sejauh ini
melebihi permintaan emas domestik. Oleh sebab itu, kebanyakan hasil produksi
dikirimkan ke luar negeri. Meskipun begitu, Pemerintah Indonesia saat ini
menstimulasi pendirian industri-industri pengolahan nasional dalam rangka
meningkatkan keuntungan dalam mengekspor produk-produk bernilai tambah sambil
menghindari eksploitasi kelebihan sumber daya alam negara saat ini.
Sumber:https://www.indonesiainvestments.com/id/bisnis
|
Emas
merupakan logam yang paling lunak atau mudah dibentuk, dipandang sebagai
logam berharga karena tekstur, kepadatan dan titik cairnya yang tinggi.
Kemampuan emas yang luar biasa sebagai penghantar panas dan listrik adalah alasan mengapa emas digunakan dalam
peralatan-peralatan industri, keramik, dan alat-alat elektronik.
Sumber:
https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis
|
Perbedaan
penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah....
Teks I
|
Teks II
|
|
A.
|
Menggunakan
kata sambung “sebab-akibat”
|
Menggunakan
beberapa kata sambung “pemilihan”
|
B.
|
Menggunakan
kata sambung “sebab-akibat”
|
Menggunakan
beberapa kata sambung “penambahan”
|
C.
|
Menggunakan
banyak kata sambung “pengandaian”
|
Menggunakan
kata sambung “sebab-akibat”
|
D.
|
Menggunakan
banyak kata sambung “penambahan”
|
Menggunakan
kata sambung “sebab-akibat”
|
9.
Bacalah
teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Kota
Bandung adalah kota yang kaya akan tempat wisata. Di kota ini terdapat
berbagai objek wisata, baik tempat wisata ilmu pengetahuan, wisata rekreasi,
maupun wisata belanja. Kami mengunjungi salah satu tempat yang memiliki
banyak sejarah yaitu Dago Pakar. Kami melakukan perjalanan wisata ini dalam
rangka mengerjakan tugas Bahasa Indonesia.
|
Kereta
kami dijadwalkan berangkat pukul 19.59. Oleh karena itu, semua peserta study
tour sudah berada di Stasiun Tawang selepas salat Maghrib. Total peserta yang
ikut kegiatan ini adalah 105 orang termasuk guru-guru dan staf TU. Jadi, satu
gerbong kereta dipesan untuk sekolah kami saja, satu gerbong mempunyai total
106 kursi.
|
Perbedaan
pola penyajian kedua teks tersebut adalah....
Teks I
|
Teks II
|
|
A.
|
penjelasan
|
Penggambaran
|
B.
|
sebab-akibat
|
akibat-sebab
|
C.
|
penggambaran
|
Penjelasan
|
D.
|
khusus-umum
|
umum-khusus
|
10. Bacalah teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Nanat adalah sosok perempua yang sangat
bersemangat dalam hal pelajaran bahasa Indonesia, dia juga sangat suka
bercanda dan ceria ketika sahabatnya sedih. Namun, sifat manjanya itu menjadi
kelemahan yang belum bisa dia kuasai. Lolak perempuan dengan sifatnya yang
cerewet, dia suka berdiam diri dan sangat suka mendengar musik dengan
handphone yang selalu ia bawa, walau begitu dia sangat pintar dalam pelajaran
matematika, dan ingin menjadi ahli matematika, juga handal dalam bernyanyi.
|
Mereka
selalu berkumpul dan bermain bersama di dalam rumah tersebut, bercanda, riang
dan gembira. Menikmati keindahan bunga-bunga yang berbaris dengan sangat
rapinya dari atas pohon. Sinar matahari mulai merambat di jendela rumah pohon
yang mereka tempati dan mewarnai dinding-dinding kayu dengan warna emasnya
yang berkilau. Rumah yang dibangun di atas pohon yang tetap berdiri dengan
kokohnya itu, mereka menamakan dengan sebutan, “Rumah pohon persahabatan.”
|
Pebedaan
pola pengembangan kedua kutipan teks tersebut adalah....
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A.
|
Menggambarkan
tokoh
|
Menggambarkan
suasana
|
B.
|
Memperkenalkan
tokoh
|
Menggambarkan
tempat
|
C.
|
Menggambarkan
watak tokoh
|
Memperkenalkan
tempat
|
D.
|
Memperkenalkan
perbedaan
|
Menggambarkan
suasana
|
11. Bacalah teks berikut!
Biasanya saya memulai perjalanan dengan jalan tikus. Saya tidak melewati jalan yang sebenarnya. Walau melewati jalan tikus sungguh melelahkan, tetapi itu yang biasa saya lakukan.
Biasanya saya memulai perjalanan dengan jalan tikus. Saya tidak melewati jalan yang sebenarnya. Walau melewati jalan tikus sungguh melelahkan, tetapi itu yang biasa saya lakukan.
Makna kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah ...
A. jalan yang kecil-kecil,
jalan setapak
B. jalan raya atau jalan
besar
C. jalan persembunyian tikus
D. tempat tikus berjalan
12. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Maka
sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini. Jasad ibuku masih belum kututup.
Membujur di depan kamarku dengan kelu. Ia baru saja pergi, setelah berbulan
melawan sakit dan derita.
Kutatap
terus wajahnya yang pucat tapi pasrah itu. Matanya tidak terlalu rapat
mengatup. Seakan-akan masih ada sisa kenangan di sana. Seakan-akan masih ada
sesuatu yang dilihatnya. Tapi tidak. Kupikir cukuplah ia hidup dengan
penderitaan-penderitaan yang menyekap di hampir seluruh umurnya.
Maksud kalimat "Maka sempurnalah penderitaan saya
di muka bumi ini" pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.
penderitaan telah mencapai puncak klimaksnya
B.
penderitaan di dunia telah berakhir.
C.
penderitaanya akan berubah menjadi kebahagiaan.
D.
penderitaan di dunia akan dibalas nanti di akhirat.
13. Bacalah kutipan cerpen
berikut!
....
“Ah, masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy, temanku!” Gumam Andi seraya bangkit dari tempat pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidur dan digantikan dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencoret-coret. Kini ada senyum menghiasi bibirnya. “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
“Ah, masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy, temanku!” Gumam Andi seraya bangkit dari tempat pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidur dan digantikan dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencoret-coret. Kini ada senyum menghiasi bibirnya. “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
....
Sudut
pandang dalam penggalan cerpen tersebut adalah...
A.
Orang
pertama pelaku utama
B.
Orang
kedua pelaku utama
C.
Orang
ketiga serba tahu
D.
Orang
ketiga pelaku utama
14. Bacalah teks berikut!
Api Abadi Mrapen dimanfaatkan sebagai sumber obor
berbagai kegiatan. Pekan Olahraga
Nasional juga sering memanfaatkan Api Mrapen sebagai obor yang dibawa secara estafet
oleh para atlet dari kota satu ke kota lain. Dengan obor ini para atlet bersemangat untukmengikuti berbagai kegiatan olahraga.
Nasional juga sering memanfaatkan Api Mrapen sebagai obor yang dibawa secara estafet
oleh para atlet dari kota satu ke kota lain. Dengan obor ini para atlet bersemangat untukmengikuti berbagai kegiatan olahraga.
Makna simbol obor pada teks tersebut
adalah ...
A. Gembira
B. Persatuan
C. Semangat
D. Rajin
15. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Ayah mengamati saya dari
atas ke bawah. Ia bangun dan menjangkau tangan kananku. Katanya:
“Untuk apa bunga ini, heh.”
Aku tidaktahu alasannya yakni apa, telah mengasihi bunga ditangan ku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau lqki-laki.”
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
Dikutip dari: Kuntowijoyo, “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga”, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1996.
“Untuk apa bunga ini, heh.”
Aku tidaktahu alasannya yakni apa, telah mengasihi bunga ditangan ku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau lqki-laki.”
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
Dikutip dari: Kuntowijoyo, “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga”, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1996.
Isi tersirat kutipan
cerpen tersebut yakni . . .
A.
Ayah
tidak ingin Buyung mempunyai sifat lembut menyerupai perempuan.
B.
Ayah
tidak ingin anaknya menyukai bunga menyerupai dia.
C.
Ayah
tidak ingin bila bunga itu dipetik.
D.
Ayah
ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.
16. Bacalah
kutipan fabel berikut!
Di sebuah
kolam yang besar hiduplah seekor kadal. Suatu hari kadal itu berjalan-jalan di
pinggir kolam. Kadal sangat ingin mencoba keiatan baru yaitu berpetualang.
Tiba-tiba dalam kolam muncul sebuah kepala yang melenggak-lenggok seperti
sedang mencari sesuatu. Kadal mendekati mahluk itu dan dia sedikit kaget
ternyata ada seekor ular air. Ular air mengajak sang Kadal untuk berpetualang
menyeberangi kolam, tetapi sang Kadal merasa takut. Namun ular air setengah
memaksa kadal untuk ikut bersamanya. “Sebaiknya kamu berhati-hati,” tiba-tiba
seekor katak berbisik kepada sang kadal.
Penyebab konflik pada teks tersebut adalah ....
A.
Katak berbisik kepada sang kadal supaya berhati-hati.
B.
Kadal merasa ketakutan karena dipaksa oleh ular air.
C.
Kadal kaget ternyata ada seekor ular di dalam kolam.
D.
Katak menganjurkan kadal untuk pergi berpetualang.
17. Bacalah
kedua kutipan fabel berikut!
Kutipan
1
|
Kutipan
2
|
Rasanya sudah lama benar aku tertidur. Punggungku
pegal-pegal karena lama terbaring. Aku terbangun mendengar kicau burung di
pohon. Rasanya baru kali itulah aku sadar bahwa suara burung amat merdu. Akan
tetapi, tak lama-lama aku berbaring mendengarkan bunyi yang mengagumkan
hatiku itu. Dengan cepat aku berdiri dan meninggalkan rumah yang sekian lama
menjadi tempat aku disekap
|
“Krriing...!” Telepon di rumah Aris berdering. Ibu
mengangkatnya dan berkata, “Halooo...oh, mau berbicara dengan Aris? Sebentar
ya. Dari mana?” Kemudian ibu masuk ke kamar Aris. Aris sedang belajar di meja
belajar. “Telepon dari Rudi, Ris” kata ibu. Aris menoleh wajahnya dengan
kurang senang.
|
Perbedaan
pola pengembangan kedua kutipan fable tersebut tersebut adalah…
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
|
A
|
dimulai
dengan lokasi
|
mengawali
dengan problema tokoh
|
B
|
dimulai
dengan dengan aksi
|
menyajikan
lokasi cerita
|
C
|
dimulai
dengan garis besar maslah
|
mengawali
dengan garis besar masalah
|
D
|
menyajikan
permasalahan
|
menggambarkan
aksi
|
18. Bacalah
kutipan teks berikut!
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
Aku
punya seorang abang: Paiman. Dia lahir pada hari pasaran paing, maka dinamai
dia dengan suku depan Pai. Aku tiga tahun lebih muda dinamai: Sanikem. Ayahku
bernama Sastro Tomo setelah kawin.
|
Dua
tahun sudah terlampau setelah kejadian hal ihwal yang diceritakan di atas.
Bagi keluarga Hanafi sudah dipandang keluar dari kaum. Ia sudah menjadi
'Olando'
|
Perbedaaan penggubaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut
adalah….
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
|
A
|
memakai
bahasa Melayu
|
menggunakan
bahasa pergaulan
|
B
|
menggunakan
bahasa sehari-hari
|
menggunakan
bahasa resmi
|
C
|
menggunakan
bahasa bebas
|
menggunakan
bahasa bebas
|
D
|
menggunakan
bahasa melayu
|
menggunakan
bahasa daerah
|
19. Bacalah kutipan cerpen
berikut!
Lampu-lampu
mulai dinyalakan. Mereka larut dalam tawa dan obrolan yang tak jelas arahnya.
Aku memandangnya dari balik meja yang penuh makanan dan minuman. Aku mencoba
ingin ditatap mereka dengan menumpahkan segelas minuman, tapi tak ada yang
mengalihkan perhatian padaku, semua sibuk dengan kegembiraan ini. Keputusan
untuk ke luar dan mengamati keceriaan anak-anak berkejaran di halaman ternyata
keputusan yang tepat.
Latar waktu dan tempat pada kutipan cerita tersebut
adalah ...
A. malam hari, di halaman
rumah
B. malam hari di ruang pesta
C. sore hari di dalam rumah
D. sore hari di ruang makan
20. Bacalah
kutipan teks cerita berikut!
Keinginan
melengkapi diri dengan gelar bergengsi segera terwujud. Saya termasuk diantara
200 ribu lebih orang Indonesia yang akan menunaikan ibadah haji. Beberapa bulan
lagi menyandang gelar haji, melengkapi gelar kesarjanaan. “Inilah saya. Apa sih
yang tak dapat diraih. Apa yang
tak dapat dilakukan?,” saya berguman, puas.
Tetangga, teman, kerabat, akan menyapa saya
Pak Haji, Bang Haji, Mas Haji, Dek Haji, atau Nak Haji. Ibu-ibu makin
penasaran, berebut mengambil hati, agar bersedia menjadi menantu mereka
Komentar tentang isi teks tersebut adalah…
A.
Niat beribadah harus ihlas tidak karena niat lain.
B.
Menantu seorang haji menjadi impian setiap ibu.
C.
Menunggu giliran berangkat ibadah haji membutuhkan
kesabaran
D.
Menunaikan ibadah haji merupakan tingkatan tertinggi
seorang hamba.
21. Bacalah teks berikut!
Keluarga
adalah elemen penting untuk menciptakan masyarakat kuat dan sehat. Pemerintah
dan pihak swasta [...] program jangka panjang yang berkomitmen untuk
meningkatkan kualitas keluarga. Untuk meningkatkan kualitas keluarga, ada tiga
pilar yang harus diperhatikan, yaitu peningkatan kemampuan anak, pemberdayaan
ibu dan waktu kebersamaan keluarga..
Kata
yang tepat untuk melengkapi teks yang rumpang tersebut adalah ….
A. mendukung
B. memberikan
C. menghapus
D. menyingkirkan
22. Cermatilah petunjuk
menghilangkan memar pada organ tubuh berikut!
Petunjuk Menghilangkan Memar pada Organ Tubuh
1) Tuang ke penumbukan.
2) Tumbuk hingga halus.
3) Ambil daun binahong
kira-kira 7 lembar.
4) Balurkan pada bagian organ
tubuh yang memar.
5) Setelah 3 jam bukalah dan
bersihkan dengan sir suam-suam kuku. Maka bagian yang memar telah hilang.
Susunan petunjuk menghilangkan memar pada organ
tubuh yang tepat adalah ….
A.
(3) – (1) – (2) – (4) – (5)
B.
(3) – (2) – (1) – (4) – (5)
C.
(3) – (2) – (1) – (5) – (4)
D.
(3) – (2) – (5) – (1) – (4)
23. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
Petunjuk Membuat Telur Asin
1)
Letakkan telur pada stoples dan susun dengan rapi.
2)
Bersihkan dengan menggunakan sabun dan spon.
3)
Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api
sedang selama satu jam.
4)
Tutuplah stoples dengan rapat dan biarkan selama
dua belas hari.
5)
Campurkan garam dan air di tempat lain, lalu
tuangkan ke dalam stoples berisi telur tadi.
6)
Telur direndam di dalam air bersih kurang lebih dua
menit.
7)
Keringkan telur, lalu gosok dengan amplas halus.
Urutan petunjuk yang tepat adalah
….
A. 6)-1)-3)-2)-5)-4)-7)
B. 6)-1)-7)-5)-2)-4)-3)
C. 6)-2)-5)-3)-1)-4)-7)
D. 6)-2)-7)-1)-5)-4)-3)
24. Cermati teks petunjuk
berikut!
Petunjuk Pembelian Tiket Pesawat Secara Daring
1)
unduh dan pasang aplikasi pembelian
tiket transportasi daring.
2)
Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau
identitas lain.
3)
[...]
4)
Setelah berhasil mendapatkan kode
booking dan kode bayar via aplikasi, bayarlah di bank atau transfer lewat
Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terdekat.
5)
[…]
6)
Anda
telah berhasil mendapatkan tiket pesawat secara daring.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk
tersebut adalah …
A. (3) Hubungi pusat layanan bandara.
(5)Tukarkan
tiket virtual ke loket penukaran di bandara.
B. (3) Catatlah nomor
KTP/identitas lain yang Anda miliki.
(5)Pulanglah
ke rumah sambil menunggu keberangkatan.
C. (3) Bawalah KTP ke
bandara terdekat.
(5)Tukarkan
alat bukti bayar dari ATM ke loket penukaran di bandara.
D. (3) buka aplikasi pada smartphone dan lakukan transaksinya.
(5) Tukarkan tiket virtual ke
loket penukaran di bandara.
25. Perhatikan kalimat
berikut!
Pertumbuhan
industri ritel pada tahun ini dapat [...] dengan terjaganya harga energi baik
listrik maupun bahan bakar minyak, penurunan suku bunga Bank Indonesia, dan
terjaganya iklim investasi.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah....
A.
dorong
B.
mendorong
C.
didorong
D.
dorongan
26. Perhatikan laporan di
bawah ini!
Mengamati
Pohon Jeruk Nipis
1)
Tinggi
pohon 3, 5 meter
2)
Batangnya
bulat berduri
3)
Bentuk
daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit
4)
Panjang
daun 2,5 – 9 cm, lebar 2 – 5 cm
5)
Pertulangan
daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm dan lebar 2 – 5 cm
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data
tersebut yang tepat adalah …
A. Buah jeruk nipis dapat
digunakan untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu,
sekaligus juga untuk mengatasi beberapa masalah seperti kulit kepala berminyak,
rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah diatur. Caranya cukup
sederhana, yaitu membasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan
perasan jeruk nipis.
B. Buah jeruk nipis itu
rendah kalori. Ia menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan
ukuran badan. Sebagai gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah
dicampur dengan perasaan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh
sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk
nipis.
C. Pohon jeruk nipis
ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk obat-obatan, jeruk nipis juga
dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya
pilih jeruk nipis yang masih segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas
sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk
nipis.
Pohon
jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri
berwarna putih kehijauan. Daun majemuk, berbentuk elips atau bulat telur,
pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang daun 2,5–9 cm, lebar
2–5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5–5 mm, bersayap, berwarna
hijau.
D. Buah jeruk nipis itu
menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan ukuran badan. Sebagai
gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasaan
air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat
dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk nipis.
27. Cermati ilustrasi
berikut!
Langkah-langkah
membuat nasi goreng
1)
Panaskan
mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hingga harum!
2)
Setelah
harus, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata!
3)
Tambahkan
saus tomat dan kecap manis, aduk lagi hingga benar-benar merata!
4)
Setelah
matang, angkat dan sajikan selagi hangat!
Perubahan teks tersebut menjadi kutipan teks cerpen
yang tepat adalah …
A. Liburan di Rumah Nenek
Rina
sedang berlibur ke rumah nenek di kampung. Minggu pagi, ia menuju dapur menemui
nenek. Ia ingin sekali belajar membuat nasi goreng seperti masakan nenek. “Nek,
ajarin Rina buat nasi goreng, ya,” pinta Rina. “Ya,” jawab Nenek. Pertama
panaskan mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hingga
harum. Setelah harum, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata.
Jangan lupa tambahkan saus tomat dan kecap manis, aduk lagi hingga benar-benar
merata. Nah…setelah matang, angkat dan sajikan di piring. Nasi goreng istimewa
siap dinikmati,” kata Nenek.
B. Sarapan Istimewa
Minggu pagi,
semua anggota keluarga berkumpul di rumah. Ibu mengajakku menyiapkan sarapan.
Kami pun berdua menuju ke dapur.
“Ibu,
cara membuat nasi goreng gimana?” tanya Fatimah dengan manja. “Bener kamu mau
belajar membuat nasi goreng,?” Ibu tidak yakin. “Benar, Bu.” “Baiklah, pertama
siapkan nasi secukupnya. Tambahkan telur, bawang putih dan cabe. Jika ingin
pedas, tambahkan cabenya. Tumis semua bumbu hingga harum, masukkan nasi dan
aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Tambahkan kecap manis jika suka. Itulah
cara membuat nasi goreng,” Ibu mengakhiri penjelasannya.
C. Bang Midun
Malam
Minggu, Faras pergi membeli nasi goreng kesukaannya, yakni nasi goreng sosis.
Faras selalu membeli di Bang Midun penjual nasi goreng kaki lima langganannya.
Bang Midun pun mulai membuat nasi goreng sosis. Pertama, ia menggoreng sosis
yang sudah dipotong-potong tipis. Setelah itu, menumis bumbu halus yang telah
disiapkannya. Setelah bumbu tercium aromanya, ia tambahkan nasi sepiring.
Kemudian, ia mengaduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Tambahkan bumbu
penyedap secukupnya. Kemudian ia mengaduk-aduk kembali hingga rata. Terakhir ia
tambahkan sosis goreng dan diaduk kembali. Nasi goreng sosis telah selesai dan
siap disantap.
D. Liburan di Rumah
Minggu pagi, Yona akan memasak nasi goreng untuk
keluaarga. Ia pun menyiapkan bahan-bahannya. Setelah siap, ia mulai memasak.
Pertama, ia memanaskan mentega, lalu memasukkan
bumbu halus dan cabai merah, ditumis hingga harum. Setelah harum, masukkan nasi
kemudian aduk hingga rata. Tambahkan bumbu penyedap dan teri medan yang sudah
digoreng kering. Setelah matang, angkat dan sajikan di piring. Nasi goreng teri
medan siap disantap
28. Perhatikan identitas buku
berikut!
Judul Buku : Mawar
Cintaku
Penulis : Adiffa
Penerbit : PT
Angkasa
Tahun : 2009
Keunggulan : 1. Isi buku menarik
2. Bahasa komunikatif
Kelemahan : Ilustrasi gambar kurang
Paragraf
resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah ...
A. Buku berjudul Mawar
Cintaku karya Adiffa yang diterbitkan PT Angkasa pada tahun 2009 ini isinya
sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kertas yang
digunakan terlalu tipis.
B. Buku berjudul Mawar
Cintaku karya Adiffa yang diterbitkan PT Angkasa pada tahun 2009 ini isinya sangat menarik dan bahasanya
komunikatif. Selain itu, dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat
menunjang isi buku.
C. Buku berjudul Mawar Cintaku
karya Adiffa yang diterbitkan PT Angkasa pada tahun 2009 ini Covernya sangat
menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi
dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
D. Buku berjudul Mawar
Cintaku karya Adiffa yang diterbitkan PT Angkasa pada tahun 2009 ini isinya
sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang
dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
29. Perhatikan kutipan fabel
berikut!
“Ini
adalah pelajaran untukmu karena sering tidak mensyukuri rezeki yang kau dapat,”
ujar Ompung kepada Beo.
Variasi
kalimat berikut yang sesuai dengan kalimat di atas adalah....
A. “Kamu harus dapat
mengambil setiap pelajaran berharga dalam hidup ini,” nasihat Ompung kepada
Beo.
B. “Jika tidak mensyukuri
rezeki yang didapat, kamu tidak akan memeroleh pelajaran dalam hidup,” ujar
Ompung kepada Beo.
C. Ompung menasihati Beo,
“Jadikanlah peristiwa ini pelajaran berharga agar kamu dapat mensyukuri rezeki
yang kamu dapat.
D. Ompung memberi pelajaran
kepada beo, “Berapa pun rezeki yang kamu dapat harus dapat dijadikan
pelajaran.”
30.
Cermati kalimat berikut!
(1)Dokter (2)menasehati
(3)pasien agar membeli
obat di (4)apotik yang
resmi.
Kata tidak baku pada kalimat tersebut adalah ….
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(1) dan (3)
D.
(2) dan (4)
31.
Cermati kalimat-kalimat berikut!
a.
Kegiatan peduli kebersihan lingkungan
harus ditanamkan sejak dini.
b.
Orang tua harus memberikan motivasi
kepada anak agar selalu belajar.
c.
Tanggung jawab dan disiplin adalah
merupakan karakter yang patut diteladani.
d.
Proses belajar tidak hanya di dalam
kelas, tetapi dapat juga dilaksanakan di luar kelas.
Kalimat yang tidak efektif ditandai nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
32.
Cermati kalimat berikut!
Turunnya nilai tukar rupiah yang
berkepanjangan akan […] kenaikan laju inflasi.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
adalah ….
A.
sebabnya
B.
disebabkan
C.
penyebabnya
D.
menyebabkan
33.
Cermati kalimat berikut!
Sebenarnya Sharim sedang kurang
sehat, […] demi Dani adiknya, dia datang juga.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah
….
A.
namun
B.
tetapi
C.
melainkan
D.
tapi
34.
Cermati kalimat berikut!
Pada usia enam bulan, anak butuh
masukan yang lebih dari air susu ibu (ASI).
Perbaikan kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….
A.
usia diganti umur
B.
anak diganti bayi
C.
butuh diganti perlu
D.
masukan diganti asupan
35.
Cermati kalimat berikut!
Kekebalan dan keamanan sistem laptop
merupakan impian bagi salah satu pemilik laptop.
Perbaikan kalimat tersebut supaya efektif adalah …
A.
Pemilik laptop bermimpi akan satu
sistem kekebalan dan keamanan yang merupakan pemiliknya.
B.
Sistem kekebalan dan keamanan laptop
merupakan salah satu impian bagi pemilik laptop.
C.
Sistem kekebalan laptop salah satu
impian dan keamanan merupakan bagi pemiliknya.
D.
Bagi pemiliknya sistem kekebalan dan
keamanan merupakan impian bagi pemiliknya.
36.
Cermati teks berikut!
(1)Liburan adalah salah satu cara paling
jitu untuk melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan. (2)Tidak perlu melancong ke
luar negeri atau menghabiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal, sebab
Indonesia memiliki banyak sekali tempat menarik yang menunggu untuk dijelajahi.
(3)Danau Toba sendiri
merupakan sebuah danau raksasa yang terbentuk akibat dari aktivitas gunung
berapi. (4)Mulai dari
wisata laut, pantai, gunung, danau, hutan sampai wisata budaya maupun kuliner,
semua bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia.
Perbaikan paragraf tersebut agar menjadi padu dengan
menghilangkan kalimat ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
37.
Cermati
kalimat berikut!
Setelah lama tidak bertemu, Ita dan Indastri saling
berpelukan.
Penggunaan kata saling pada kalimat tersebut tidak tepat karena ….
A.
berpelukan sudah menyatakan saling
B.
berpelukan terletak setelah kata saling
C.
kata saling didahului dengan nama orang
D.
kata saling maknanya sama dengan
yang lain
38.
Cermati kalimat berikut!
Dalam rapat itu membicarakan berbagai
masalah yang dihadapi
Alasan kalimat tesebut tidak efektif karena ….
A.
tidak jelas subjeknya
B.
tidak jelas predikatnya
C.
tidak jelas objeknya
D.
tidak jelas tujuannya
39.
Cermati teks berikut!
(1)Tidak kurang dari 37 jenis kuliner
Indonesia disajikan pada acara Mercado Culinario Indonesia 2018. (2)Kegiatan tersebut
diselenggarakan di halaman KBRI Lisbon, Sabtu (14/7/2018) waktu setempat. (3)Makanan yang kita
konsumsi harus dijaga kebersihannya. (4)Beragam
makanan disajikan untuk penarik perhatian masyarakat setempat.
Sumber:https://internasional.kompas.com/read/saat-rendang-pempek-dan-cendol-disajikan-
Alasan ketidakpaduan paragraf
tersebut adalah ….
A.
kalimat (1) tidak mendukung persoalan
utama teks
B.
kalimat (2) tidak mendukung persoalan
utama teks
C.
kalimat (3) tidak mendukung persoalan
utama teks
D.
kalimat (4) tidak mendukung persoalan
utama teks
40. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1)
“Selamat siang, Bu. Semoga Ibu sehat.”
(2)
Setiap Jumat pagi ada kegiatan olahraga.
(3)
“Jangan diulangi lagi, ya!” tegur Bu Ana.
(4)
Semua siswa mengikuti Upacara Bendera.
Kesalahan penggunaan
ejaan yang pada kalimat tersebut
ditandai dengan nomor . . .
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
41. Cermatilah kalimat berikut!
“Tono, cepat serahkan
bukumu?” teriak Didin.
Kesalahan penggunaan tanda baca
pada kalimat tersebut adalah…
A. tanda tanya (?)
B. tanda petik (“…”)
C. tanda koma (,)
D. tanda titik (.)
42. Cermatilah kalimat
berikut!
(1) “Ia tinggal di jalan
Merdeka Utara,” jawab Andri.
(2) Kakek selalu berolah raga
setiap pagi
(3) “Siapa yang ingin ikut ke
Makam?”
(4) Ibunya bekerja di Apotek
Jaya Sentosa.
43. Penggunaan ejaan yang
tepat pada kalimat tersebut ditandai pada nomor…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
44. Cermatilah kalimat
berikut!
Kita
harus bersyukur Min rumah kita bertingkat jadi tidak perlu mengungsi kata Mama.
Penggunaan tanda baca yang tepat
pada kalimat tesebut adalah…
A. “Kita harus bersyukur,
Min, rumah kita bertingkat, jadi tidak perlu mengungsi,” kata Mama.
B. “Kita harus bersyukur,
Min, rumah kita bertingkat jadi tidak perlu mengungsi!” kata Mama.
C. “Kita harus bersyukur
Min, rumah kita bertingkat, jadi tidak perlu mengungsi, kata Mama”
D. “Kita harus bersyukur
Min, rumah kita bertingkat, jadi tidak perlu mengungsi!” kata Mama.
45. Cermatilah kalimat
berikut!
Menteri kelautan dan perikanan
memimpin peneggelaman 30 kapal asing pencuri ikan di selat lampa, kabupaten
natuna, kepulauan riau, minggu(29/10/2017).
Perbaikan
ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah…
A. Menteri Kelautan dan
Perikanan memimpin penenggelaman tiga puluh
kapal asing pencuri ikan di selat lampa, kabupaten Natuna, Kepulauan
Riau, Minggu(29/10/2017).
B. Menteri Kelautan dan
Perikanan memimpin penenggelaman 30 kapal asing pencuri ikan di Selat Lampa,
Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu(29/10/2017).
C. Menteri Kelautan dan
Perikanan memimpin penenggelaman tiga puluh
kapal asing pencuri ikan di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan
Riau, Minggu(29/10/2017).
D. Menteri kelautan dan
perikanan memimpin penenggelaman tiga puluh
kapal asing pencuri ikan di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan
Riau, Minggu(29/10/2017).
46. Cermatilah kalimat
berikut!
“Ayo,
jangan ragu-ragu, segera berangkat,” kata Ibu mengingatkanku!”
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah…
A. “Ayo, jangan ragu-ragu,
segera berangkat, kata Ibu mengingatkanku?”
B. “Ayo, jangan ragu-ragu
segera berangkat?” kata Ibu mengigatkanku.
C. “Ayo, jangan ragu-ragu
segera berangkat,” kata Ibu mengigatkanku!”
D. “Ayo, jangan ragu-ragu,
segera berangkat!” kata Ibu mengigatkanku.
47. Cermatilah kalimat
berikut!
Rizky
Prabowo (25), warga Solo, Jawa Tengah, tengah berada di gunung Rinjani saat
terjadi gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dua minggu yang lalu.
A. kata warga seharusnya ditulis Warga.
B. kata gempa seharusnya ditulis Gempa.
C. kata gunung seharusnya ditulis Gunung.
D. kata minggu seharusnya ditulis Minggu.
48. Cermatilah kalimat
berikut!
“Saya
lihat dulu ya, tunggu sebentar?” ujar Ratna.
Alasan
ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah…
A. tanda tanya (?) tidak
tepat karaena bukan kalimat tanya
B. tanda koma (,) setelah
kaya ya tidak diperlukan
C. tanda tanya (?)
seharusnya di ganti tanda koma (,)
D. tanda tanya (?) tidak
tepat di gunakan seharusnya tanda titik (.)
49. Cermati kalimat berikut!
Perpustakaan
(1)swadaya yang
mereka (2)bangun ternyata mendapat (3)afresiasisampai (4)lepel nasional.
Kata yang
tidak sesuai kaidah pada kalimat tersebut ditunjukkan nomor ….
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(2) dan (4)
D.
(3) dan (4)
50. Cermati teks berikut!
Kejuaraan Dunia Atletik U-20 (1)mengukuhkan
nama (2)sprinter asal
Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, sebagai pemenang lari 100 meter putra. Prestasi
gemilang Zohri berbuah manis dengan membawa medali emas pertama bagi Indonesia
sepanjang keikutsertaan dalam (3)ajang
ini. Situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) pada Rabu
(11/7/2018) mencatatkan, dalam 32 tahun sejarah kejuaraan tersebut, penampilan
terbaik (4)atlit
Indonesia adalah finis posisi (5)ke
8 pada 1986. Namun, semua itu berubah ketika Zohri berhasil mencapai garis
akhir dalam waktu 10,18 detik.
Sumber:https://internasional.kompas.com/read/2018/07/12/09211941/zohri-pelari-indonesia-cetak-sejarah-juara-dunia-100-meter-atletik
Kata yang
tidak tepat penulisannya pada teks tersebut ditunjukkan nomor ….
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(4) dan (5)
Kunci jawabannya ada tidak?
ReplyDeletemaaf, mas baru balas. kuncinya dicari sendiri. hehehe
ReplyDelete